Zat Pengatur Tumbuh (Root up, Atonik & Super Gib)

Seringkali kita mendengar kata-kata ZPT. Zat pengatur tumbuh atau disingkat ZPT merupakan senyawa bahan organik selain unsur-unsur hara, yang mempunyai sifat seperti hormon tumbuhan, dan dalam jumlah kecil dapat mendorong, menghambat ataupun memodifikasi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan (Moore, 1979).

Saya melakukan kunjungan pada tanggal 28 Agustus pukul 15:00 ke Tani Jaya d/h toko Ba Yen yang beralamat di Jalan Djulaeha Karmita no 30 (depan SDN Karsawinaya) Cimahi. Toko Ba Yen merupakan toko saprotan di cimahi yang menjual bibit, pupuk dan obat-obat pertanian.

Saya mencatat ada 3 buah ZPT yang diperjualbelikan secara bebas di toko Bayen tersebut. Adapun ke 3 ZPT tersebut adalah:

1.    Root Up

 

a. Harga                          : Rp. 25.000/100 gr

b. Peranan produk           : Root up adalah hormon pertumbuhan akar, untuk merangsang pertumbuhan akar pada perbanyakan vegetative (cangkok,stek). Root up mengandung fungsida untuk mencegah jamur, cendawan, infeksi dan berbagai penyakit di bagian yang terluka / terkena sayatan.

c. Dosis                           : 75 mg/ml/tanaman

 

Rootone merupakan tepung bubuk putih. Produk ini mengandung auksin yang merupakan zat pengatur tumbuh (ZPT). Jika digunakan dalam dosis kecil, part per million (ppm), auksin ternyata dapat berfungsi untuk
merangsang perpanjangan sel, pembentukan bunga dan buah, pertumbuhan
akar pada stek batang, memperpanjang titik tumbuh, serta mencegah gugur
daun dan buah. Kandungan rootone secara lengkap adalah sebagai berikut : Naphtalene acetamida (NAD) 0,067%, metil 1 Naphthalene acetamida (m-NAD) 0.013 %. Metil 1 Napthalene Acetic Acid (MNAA) 0.003%, Indol Butyric Acid (IBA) 0,057% dan thyram 4 %. (soemarno, 1975 dalam Astuti,2000).

Berdasarkan hasil penelitian pemakaian IBA dan NAA lebih baik jika dibandingkan dengan pemakaian IAA karena keduanya mempunyai sifat kimia lebih stabil dan mobilitas lebih rendah dalam bagian tanaman. Hal ini menyebabkan pemakaiannya lebih berhasil jika dibandingkan dengan IAA, karena IBA dan NAA tetap berada di tempat pemberian, tidak menyebar ke bagian lain.(Kusumo, 1984).

Natrium NAA atau natrium (naphthyl acetic acid / asam naftali asetat) juga memiliki kegunaan mendorong pembungaan serempak pada tanaman. Dengan konsentrasi 5-10 ppm, disemprotkan ke seluruh bagian tanaman terutama stomata daun,terbukti dapat memunculkan bunga.

Seperti yang kita ketahui Auksin berperan dalam menghambat peluruhan atau perontokan daun, bunga dan buah sehingga mendukung pertumbuhan bunga dan buah. Hal ini disebabkan karena auksin dapat bereaksi pada tanaman dengan menghasilkan inhibitor bagi senyawa tertentu. Inhibitor yang terbentuk dapat berfungsi sebagai penghambat terbentuknya zat etilen. Pembentukan etilen dalam jumlah besar pada tanaman yang sedang tumbuh akan merangsang terjadinya absisi peluruhan perontokan dari berbagai macam organ tanaman (Pangaribuan, 2004). Adapun auksin alami banyak terdapat didalam cairan biji jagung muda yang masih berwarna kuning, air seni sapi, ujung koleoptil tanaman oat, umbi bawang merah dan air kelapa.(www.suaramerdeka.com)

2.    Atonik

(Karena pemilik toko tidak mengizinkan penulis mengambi foto, maka foto ini diambil dari situs http://www.lembahpinus.com)

 

  1. Harga                              : Rp. 45.000/500 mL
  2. Peranan Produk               : Produk ini mengandung atonik. Adapun atonik Atonik adalah gabungan garam natrium 5 – nitroquicol dan garam natrium dari para hitrophenol (Kusumo, 1984).

Kandungan lengkap dari atonik adalah sebagai berikut:

Natrium senyawa fenol, yaitu 0,2% Na-Ortonitrofenol (C6H4NO3Na), 0,3% Na-paranitrofenol (CP6H4NO3Na), 0,1% Na-5 ­nitroquaniakol (C7H6N04Na) dan 0,05% Na-2,4 dinitrofenol (C6H3N2O5Na). Ion Na+ berfungsi sebagai karier metabolit dalam proses metabolisme, dan ion Na+ mampu menggantikan sebagian fungsi ion K+ (Etty Sumiati, 1989).

  1. Dosis                               : 0,5 ml / 1L
  2. Frekuensi                        :  2 minggu sekali disiram ke media.

Penggunaan atonik ini dengan cara disiramkan ke media tanam ditujukan untuk memudahkan transfer ion ion di dalam tanah sehingga jalur pengangkatan nutrisi dari dalam media ke bagian tanaman akan menjadi lebih lancar

 

3.    Super Gib

(Karena pemilik toko tidak mengizinkan penulis mengambi foto, maka foto ini diambil dari situs http://www.pupukag.blogspot.com)

 

a. Harga                          : Rp. 14.500/ 5gram/ tablet

b. Peranan Produk           : Produk ini mengandung Giberelin.

c. Dosis                           : 1 tablet untuk 14 -17 Liter air.

d. Frekuensi penggunaan  :  1 bulan sekali

 

Giberelin merupakan zat pengatur tumbuh yang berfungsi mendorong perkembangan biji, menghilangkan dormansi biji, perkembangan kuncup, pemanjangan batang dan pertumbuhan daun; mendorong pembungaan dan perkembangan buah secara partenogenesis; mempengaruhi pertumbuhan dan diferensiasi akar.Tempat dihasilkannya adalah meristem apikal tunas ujung dan akar daun muda.(Kusumo, 1984) Giberelin alami banyak ditemukan di umbi bawang merah.(www.suaramerdeka.com)

Tambahan penjelasan untuk foto, sehubungan toko Ba Yen tidak mengizinkan saya untuk mengambil foto produk secara langsung dari kamera, maka saya mohon maaf karena terpaksa menggunakan gambar yang saya ambil dari situs online saprotan yaitu lembah pinus.com.

Menurut saya tidak ada zat pengatur tumbuh yang spesifik untuk jenis tanaman tertentu. Namun ZPT itu spesifik untuk bagian tertentu dari tanaman. Misalnya Root up yang mengandung auksin sangat cocok digunakan untuk batang tanaman yang akan distek. Dengan pemebrian hormon auksin pada batang setek  maka akan merangsang tumbuhnya akar pada batang setek tersebut.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Astuti.2000.Pengaruh Lama Pengeratan Bahan Setek dan Konsentrasi Rootone

Terhadap Pertumbuhan Setek Kopi Robusta (Coffea canephora) Jurnal

Frontir Nomor 31

Kusumo,S.1984.Zat Pengatur Tumbuh. Jakarta: Soeroengan

Moore,T.C.1979.Biochemistry and Physiology of Plant Hormone.New York:

Helderberg

Pangaribuan,N.2004.Peranan Auksin dalam usaha Menekan Kelayuan Buah Muda

kakao (Theobroma kakao.l).Jurnal Matematika Sains dan teknologi, 5[1]

http://www.lembahpinus.com

http://www.suaramerdeka.com

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s